MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE POLA DASAR BADAN BUNKA KELAS X BUSANA

Authors

  • Marina Dwi Astuti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sri Emy Yuli Suprihatin Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis articulate storyline materi pola dasar badan Bunka untuk siswa kelas X Tata Busana SMK N 2 Godean yang layak untuk pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian research and development (RnD) menggunakan model pengembangan four-D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa. Teknik pengambilan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket ahli materi dan ahli media, serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa media pembelajaran yang dapat diakses melalui link URL dan dinyatakan layak digunakan dan membantu jalannya proses pembelajaran. Penilaian ahli materi memperoleh persentase 92,98%, ahli media 92,28%, uji coba skala kecil 73,94%, dan uji coba skala besar 77,44%. Media ini membantu siswa dalam memahami pembuatan pola dasar badan Bunka serta mempermudah proses belajar. Dengan demikian, media berbasis articulate storyline terbukti layak dan membantu dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2025-12-22

How to Cite

[1]
Astuti , M.D. and Suprihatin , S.E.Y. 2025. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE POLA DASAR BADAN BUNKA KELAS X BUSANA. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 20, 1 (Dec. 2025).