COST-EFFECTIVENESS ANALYSIS PROYEK CATERING SERVICE PADA MATA KULIAH PRAKTIK USAHA BOGA

Authors

  • Titin Hera Widi Handayani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Reza Restiana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kokom Komariah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Marwanti Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efisiensi biaya dan efektivitas hasil pembelajaran melalui proyek catering service pada mata kuliah Praktik Usaha Boga di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik Cost-Effectiveness Analysis (CEA). Data diperoleh dari laporan keuangan 13 kelompok mahasiswa yang melaksanakan proyek catering service selama satu semester. Analisis dilakukan dengan menghitung rasio Cost-Effectiveness Ratio (CER) sebagai perbandingan antara total biaya dan tingkat efektivitas hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata CER sebesar Rp 90.395,75 per 1% efektivitas, yang menandakan tingkat efisiensi biaya pembelajaran praktik tergolong baik. Kelompok 11 memiliki CER terendah (Rp 15.110,00) dengan pengelolaan biaya dan perencanaan usaha yang efisien, sedangkan kelompok 12 memiliki CER tertinggi (Rp 477.712,59) akibat tingginya pengeluaran dibandingkan pendapatan. Variasi nilai CER menunjukkan perbedaan kemampuan mahasiswa dalam manajemen biaya, produksi, dan strategi kewirausahaan. Secara keseluruhan, proyek catering service efektif meningkatkan kompetensi teknis dan manajerial mahasiswa, meskipun efisiensinya sangat bergantung pada kemampuan pengendalian biaya. Analisis cost-effectiveness dapat dijadikan alat evaluasi pembelajaran praktik vokasional untuk meningkatkan efisiensi, relevansi, dan kesiapan kerja mahasiswa di era Society 5.0.

Downloads

Published

2025-12-22

How to Cite

[1]
Handayani, T.H.W. et al. 2025. COST-EFFECTIVENESS ANALYSIS PROYEK CATERING SERVICE PADA MATA KULIAH PRAKTIK USAHA BOGA. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 20, 1 (Dec. 2025).