Analisis Kesesuaian Soft Skills SMK Teknik Otomotif dengan Kebutuhan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Dyah Nurri Rachmawati
  • Muhkamad Wakid Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.66422

Keywords:

Industri, SMK, Soft skills

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian antara soft skills yang dibutuhkan di Industri Otomotif dengan yang diajarkan di SMK Teknik Otomotif di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan soft skills yang dibutuhkan di industri Otomotif dan diajarkan di SMK Teknik Otomotif yaitu komunikasi, kejujuran, bekerjasama, berpikir kritis, dapat mengatasi stres, kepemimpinan, mandiri, manajemen waktu, sopan/beretika, komitmen, manajemen diri, dan etos kerja yang baik. Dari daftar soft skills tersebut didapatkan urutan 3 soft skills teratas menurut industri yaitu kejujuran, etos kerja yang baik, dan bekerjasama. Penelitian ini menunjukkan bahwa soft skills yang diajarkan di SMK Program Keahlian Teknik Otomotif sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri di DIY.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (7 November 2022). Agustus 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,86 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,07 juta rupiah per bulan. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html.

Gunadi, G. (2013). Peningkatan Keterampilan Produktif Calon Guru SMK Otomotif Melalui Kemitraan Dengan Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4), 301-306, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9456/7610

Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nyoto, S. E. (2019). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmanto, R. D., & Gunadi, G. (2022). Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Praktik dan Kesiapan Kerja di SMKN2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(2), 1-14, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/51684/18207

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28-37.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sudiyanto, S., Fatah, A., & Wakid, M. (2018). Implementasi Karakter Kerja Berbasis Budaya Kerja di Industri Otomotif Pada Mahasiswa Peserta Kuliah Teknologi Pembentukan Dasar di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 26-37, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/21781/11325

Suhartati, T., Nuraeni, Y., & Sixpria, N. (2017). Studi Atas Kebutuhan Soft skills pada Industri dalam Upaya Pengembangan Model Pembelajaran Soft skills pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 65-74.

Suryanto, D., Kamdi, W., & Sutrisno, S. (2014). Relevansi Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri dengan yang Dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 36(2).

Suyitno, M. P. (2020). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi Dan Revitalisasi Abad 21. Yogyakarta. K-Media

Usman, H., Darmono (2016). Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Yogyakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9354/7602

Widarto. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 3, XXXI. 409-423

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Rachmawati, D. N., & Wakid, M. (2025). Analisis Kesesuaian Soft Skills SMK Teknik Otomotif dengan Kebutuhan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.66422

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.