Analisis Kesesuaian Soft Skills SMK Teknik Otomotif dengan Kebutuhan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.66422Keywords:
Industri, SMK, Soft skillsAbstract
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. (7 November 2022). Agustus 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,86 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,07 juta rupiah per bulan. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html.
Gunadi, G. (2013). Peningkatan Keterampilan Produktif Calon Guru SMK Otomotif Melalui Kemitraan Dengan Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4), 301-306, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9456/7610
Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nyoto, S. E. (2019). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Uwais Inspirasi Indonesia.
Rahmanto, R. D., & Gunadi, G. (2022). Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Praktik dan Kesiapan Kerja di SMKN2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(2), 1-14, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/51684/18207
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28-37.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sudiyanto, S., Fatah, A., & Wakid, M. (2018). Implementasi Karakter Kerja Berbasis Budaya Kerja di Industri Otomotif Pada Mahasiswa Peserta Kuliah Teknologi Pembentukan Dasar di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 26-37, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/21781/11325
Suhartati, T., Nuraeni, Y., & Sixpria, N. (2017). Studi Atas Kebutuhan Soft skills pada Industri dalam Upaya Pengembangan Model Pembelajaran Soft skills pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 65-74.
Suryanto, D., Kamdi, W., & Sutrisno, S. (2014). Relevansi Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri dengan yang Dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 36(2).
Suyitno, M. P. (2020). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi Dan Revitalisasi Abad 21. Yogyakarta. K-Media
Usman, H., Darmono (2016). Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Yogyakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9354/7602
Widarto. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 3, XXXI. 409-423
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.



