Penyusunan Bahan Ajar Genetika dalam Bentuk Modul Pembelajaran Berbasis Fenomena Lokal

Authors

  • M. Abdulatip Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suratsih Suratsih Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Victoria Henuhili Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tutiek Rahayu Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7236

Keywords:

pewarisan, rhesus, tuna grahita, bahan ajar, modul pembelajaran, genetika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran pewarisan golongan darah rhesus pada penderita tuna grahita (retardasi mental), 2) kaitan antara pewarisan golongan darah rhesus dengan retardasi mental yang diderita oleh penduduk, 3) menyusun modul pembelajaran genetika materi hereditas manusia untuk siswa kelas III berdasarkan hasil penelitian pewarisan golongan darah rhesus pada penderita retardasi mental di dusun Karang Poh, Semin, Gunungkidul. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus tentang pewarisan golongan darah rhesus pada penderita retardasi mental di Dusun Poh, Semin, Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah 5 keluarga yang mempunyai keturunan retardasi mental yang dapat dilacak sampai 3 generasi (kakek, ibu, anak). Penelitian ini juga termasuk eksploratif untuk uji coba terbatas modul pembelajaran genetika dalam rangka mengetahui tingkat keterbacaan. Subjek penelitian ini 9 accident sampling. Variabel penelitian ini golongan darah rhesus tiap anggota keluarga subjek penelitian dan tingkat keterbacaan modul. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-Desember 2006. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa golongan darah setiap anggota keluarga mempunyai keturunan retardasi mental termasuk rhesus positif yang diwariskan orang tuanya. Pewarisan golongan darah rhesus pada keluarga yang mempunyai keturunan retardasi mental tidak berkaitan dengan retardasi mental yang mereka alami. Hasil penelitan ini setelah dianalisis potensinya berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan hasil uji coba terbatas, dapat dijadikan bahan ajar genetika materi hereditas pada manusia untuk siswa SMA kelas III dalam bentuk modul pembelajaran.

Kata kunci: pewarisan, rhesus, tuna grahita, bahan ajar, modul pembelajaran, genetika

Downloads

Published

2015-06-15

How to Cite

Abdulatip, M., Suratsih, S., Henuhili, V., & Rahayu, T. (2015). Penyusunan Bahan Ajar Genetika dalam Bentuk Modul Pembelajaran Berbasis Fenomena Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7236

Issue

Section

Articles