Profil Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa pada Pembelajaran Sistem Digesti Melalui Penerapan Seven Jump Problem-Based Learning

Authors

  • Kartika Ratna Pertiwi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Yuliati Yuliati Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY
  • Tutiek Rahayu Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3893

Keywords:

masalah, proses sains, sosial, keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Seven Jump PBL pada mata kuliah Biomanzi topik sistem digesti untuk meningkatkan kemampuan proses sains serta keterampilan sosial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi kelas Bilingual. Model pembelajaran Seven Jump PBL yang diterapkan merupakan modifikasi dari the Maastricht Seven Step Procedure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menemukan kata kunci merupakan keterampilan yang paling baik dicapai oleh mayoritas mahasiswa (92,9%) diikuti oleh keterampilan menyusun konsep materi (71,4%). Keterampilan menyusun pertanyaan produktif dan jawaban mahasiswa paling rendah dalam mencapai katagori baik (51,7%). Keterampilan sosial mahasiswa menunjukkan nilai baik sekali tertinggi adalah keaktifan mengerjakan tugas (85,5%) dan terendah adalah keantusiasan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar (36,2%). Persepsi baik dinyatakan seluruh mahasiswa pada separuh indikator (50%).

Kata kunci: masalah, proses sains, sosial, keterampilan

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Pertiwi, K. R., Yuliati, Y., & Rahayu, T. (2014). Profil Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa pada Pembelajaran Sistem Digesti Melalui Penerapan Seven Jump Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3893

Issue

Section

Articles