Profil Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa pada Pembelajaran Sistem Digesti Melalui Penerapan Seven Jump Problem-Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3893Keywords:
masalah, proses sains, sosial, keterampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Seven Jump PBL pada mata kuliah Biomanzi topik sistem digesti untuk meningkatkan kemampuan proses sains serta keterampilan sosial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi kelas Bilingual. Model pembelajaran Seven Jump PBL yang diterapkan merupakan modifikasi dari the Maastricht Seven Step Procedure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menemukan kata kunci merupakan keterampilan yang paling baik dicapai oleh mayoritas mahasiswa (92,9%) diikuti oleh keterampilan menyusun konsep materi (71,4%). Keterampilan menyusun pertanyaan produktif dan jawaban mahasiswa paling rendah dalam mencapai katagori baik (51,7%). Keterampilan sosial mahasiswa menunjukkan nilai baik sekali tertinggi adalah keaktifan mengerjakan tugas (85,5%) dan terendah adalah keantusiasan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar (36,2%). Persepsi baik dinyatakan seluruh mahasiswa pada separuh indikator (50%).
Kata kunci: masalah, proses sains, sosial, keterampilan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.