Efektivitas Penggunaan Edutainment Konseling Gizi terhadap Pemahaman Pemenuhan Gizi Seimbang pada Remaja Putri
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7167Keywords:
edutainment konseling gizi, pemahaman, kebiasaan, gizi seimbangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan edutainment berupa video dan komik konseling gizi terhadap pemenuhan gizi seimbang seimbang pada remaja putri.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif menggunakan desain pretest-posttest untuk menguji efektifitas edutainment antara media audio visual dengan media visual komik. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pelaksanaan dilakukan pada Agustus-November 2014 bertempat di Kampus UPP 2 FIP UNY. Sampel adalah 64 remaja putri berumur 20-21 tahun berbadan sehat dan tidak sedang mengkonsumsi obat/suplemen, telah mengalami menstruasi dan yang menempuh mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi di Jurusan Pendidikan Guru PAUD FIP UNY 2014/2015. Instrumen penelitian menggunakan penggunaan soal pretest dan posttest masing-masing 20 butir yang disusun oleh tim peneliti. Teknik analisis data untuk menguji efektifitas media video dibandingkan dengan media komik digunakan rumus N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan edutainment konseling gizi seimbang pada remaja putri untuk media video lebih efektif terhadap pemahaman tentang gizi seimbang remaja putri. Sedangkan media komik tidak efektif terhadap pemahaman tentang pemenuhan gizi seimbang yang diukur dari perbedaan besarnya N-Gain pretest dengan posttest video dan komik.
Kata kunci: edutainment konseling gizi, pemahaman, kebiasaan, gizi seimbang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.