Analisis Perkembangan dan Dinamika Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Indonesia: Sebuah Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan
Downloads
Sejarah pendidikan karakter dan budaya bangsa di Indonesia bermula sejak masa sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia. Pendidikan karakter dimulai dari sistem pendidikan tradisional dengan menitikberatkan kepada nilai-nilai kehidupan, etika, dan moralitas baik di pendididikan formal maupun di pendidikan nonformal. Selain itu, pengaruh agama juga memegang peranan utama dalam membentuk karakter dan budaya bangsa. Pasca kemerdekaan, pendidikan karakter dan budaya bangsa mendapatkan perhatian serius melalui integrasi dalam pembelajaran dipersekolahan. Pencapaian dan perkembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa mengalami dinamika dikarenakan beberapa faktor seperti perubahan nilai sosial, pengaruh media massa. Keterbatasab sumber daya, kurangnya kesadaran urgensi pendidikan karakter, dan juga perbedaan agama dan budaya sebagai bangsa yang multikulturalisme. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review dari sumber ilmiah. Hasil analisis review menghasilkan perkembangan teori pendidikan karakter dan budaya bangsa telah menjadi perhatian utama dalam upaya membangun generasi muda yang memiliki nilai-nilai moral, etika, dan kecintaan terhadap budaya bangsa. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter di pendidikan formal seperti meningkatkan pelatihan guru, mengembangkan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter bangsa, mendorong partisipasi orang tua, menjalin kerjasama dengan komunitas keagamaan, sosial, maupun kelompok seni, menyediakan sumber daya pendidikan yang memadai.
Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Deepublish.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works In Character Education: A Research-Driven Guide For Education. Character Education Partnership.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.
Geertz, C. (1976). The religion of Java. University of Chicago Press.
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta.
Kemendikbud, P. P. dan P. K. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kebudayaan (A. Akbar (ed.)). PT Gading Inti Prima.
Kusmana, S., Wilsa, J., Fitriawati, I., & Muthmainnah, F. (2020). Development of folklore teaching materials based on local wisdom as character education. International Journal of Secondary Education, 8(3), 103. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20200803.14
Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Lovell, A. (2012). Moral reasoning and moral atmosphere in the domain of accounting. Qualitative Research in Accounting & Management, 9(3), 76–79. https://doi.org/10.1108/qram.2012.31409caa.006
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karater: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Cet. ke-1). Bumi Aksara.
Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. In STAIN Press. STAIN Press.
Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education. In P. A. Alexander (Ed.), Handbook of Moral and Character Education (Second Edi). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203114896
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316.
Omeri, N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Pajriah, S. and Suryana, A. (2021). Local wisdom-based character values on kawali's inscription in history learning. Paramita: Historical Studies Journal, 31(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v31i2.25752
Ricklefs, M. C. (2001). A History of Modern Indonesia since c . 1200 : Third Edition (Third Edit). Palgrave Macmillan.
Sanur, I. S., & Dermawan, W. (2023). Pendidikan Multikultural untuk Membentuk Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 1. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.8868
Å imenc, M. (2014). Citizenship education, philosophy for children and the issue of participation. Journal of Moral Education.
Soedarsono. (2003). Pendidikan Karakter Bangsa: Sebuah Tantangan. Grasindo.
Soekanto, S. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sukadari, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Kanwa Publisher.
Suparlan, P. (2015). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Perspektif Sejarah dan Budaya Indonesia. Refika Aditama.
Suparlan, P. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep, Model, dan Implementasi di Sekolah. PT RajaGrafindo Persada.
Suryabrata, S. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Kencana Prenada Media Group.
Syahrir, M., Sugiati, A., Wiranti, W., Fitriasari, S., & Suriaman, S. (2023). The Cultivating Siri's Cultural Values in Child Character Building. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikultural, 5(3), 888–900. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3803
Tahir, M., Sobri, M., Novitasari, S., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2021). Learning local content of cultural arts based on local genius of sasak culture in pgsd students. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.142
Trilisiana, N., Kusumawardani, E., Yani, D., Ardila, I., Pratiwi, S., Rahmawati, T. N., Risda, D., Krishnawati, N., & Andika, A. (2023). Pendidikan Karakter. CV Selembar Karya Pustaka.
Zamathoriq, D. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 124–131. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2396
Copyright (c) 2024 Suriaman Suriaman, Dadang Sundawa, T Heru Nurgiansah, Nisrina Nurul Insani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.