Perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide pada praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin

Authors

  • Hanifa Andisetyana Putri

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Keywords:

media lagu, slide, jenis kelamin, praktik mencuci tangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 74 siswa TK Negeri Pembina Sragen. Instrumen yang digunakan adalah checklist mencuci tangan. Teknik analisis data menggunakan two way anova. Hasil: 1) Ada perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,005; 2) Ada perbedaan pengaruh kelamin laki-laki dan perempuan terhadap praktik mencuci tangan, dengan nilai p=0,000; 3) Tidak ada interaksi antara media pembelajaran terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin, dengan nilai p=0,377. Kesimpulan: Tidak ada interaksi antara media pembelajaran lagu dan slide terhadap praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. 


Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Putri, H. A. (2017). Perbedaan pengaruh media pembelajaran lagu dan slide pada praktik mencuci tangan ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 116–123. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Issue

Section

Articles