Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul

Authors

  • Eti Surwantini

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8273

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: 1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual; 2) efektivitas penggunaan
media visual terhadap prestasi belajar; 3) perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual dan 4) efektivitas penggunaan
media visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatan
sehari-hari. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian dilakukan pada
siswa kelas III SD di Gugus 01 Kecamatan Imogiri. Desain penelitian yang digunakan
adalah nonequivalent pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan
tes prestasi belajar dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data dengan anova dan one
sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada
hasil akhir prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p < 0.05
dan media visual terbukti efektif terhadap prestasi belajar. Tidak ada perbedaan yang
signifikan pada skor akhir motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
karena p > 0.05 namun media visual lebih efektif daripada media konvensional terhadap
motivasi belajar siswa

Downloads

Published

2016-03-28

How to Cite

Surwantini, E. (2016). Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8273

Issue

Section

Articles