Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556Keywords:
ilmu pengetahuan alam dan sosial, media interaktif, pembelajaranAbstract
Penggunaan media interaktif untuk mengetahui seberapa efektif di kelas X mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) di SMK Negeri 1 Padang pada tahun akademik 2022/2023. Menggunakan Metode penelitian (R&D). Jumlah subjek penelitian adalah 60 orang. Model pengembangan (ADDIE) digunakan dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji hasil Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas X di SMK Negeri 1 Padang menunjukkan interpretasi yang baik untuk digunakan, dengan nilai 88,80%. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif telah terbukti kelayakan, dan kegunaannya untuk proses pembelajaran.
References
Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan media pembelajaran power point interaktif melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran tematik integratif siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143–158. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157
Anyan, Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft power point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Bustanil, M. S., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial di sekolah menengah kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
Hartono, Lesmana, C., Permana, R., & Matsun. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Jurnal Transformasi, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143
Kareem, A. A. (2018). The use of multimedia in teaching biology and its impact on students' learning outcomes. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences, 9(1), 157–165. http://www.epess.net/en/pub/issue/38900/457937
Li, L. (2020). Education supply chain in the era of industry 4.0. Systems Research and Behavioral Science, 37(4), 579–592. https://doi.org/10.1002/sres.2702
Menrisal, Yunus, Y., & Rahmadini, N. S. (2019). Perancangan dan pembuatan modul pembelajaran elektronik berbasis project based learning mata pelajaran simulasi digital SMKN 8 Padang. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 2(1), 1–16. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/196
Munawaroh, D. A., & Rahmadonna, S. (2023). Pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan metode ular tangga berkelompok pada siswa sekolah menengah pertama. EPISTEMA, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61344
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Sesriyani, L., & Sukmawati, N. N. (2019). Analisis penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa inggris pada program studi pendidikan ekonomi. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822
Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/438-penilaian-hasil-proses-belajar-mengajar.html
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wijaya, I., Sefriani, R., & Wagimon. (2020). Development of interactive media based in Adobe. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(3), 134–142. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v5i3.1982
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.