Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Authors

  • Risma Vriyanti Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang https://orcid.org/0009-0008-1945-4463
  • Indra Wijaya Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Menrisal Menrisal Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556

Keywords:

ilmu pengetahuan alam dan sosial, media interaktif, pembelajaran

Abstract

Penggunaan media interaktif untuk mengetahui seberapa efektif di kelas X mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) di SMK Negeri 1 Padang pada tahun akademik 2022/2023. Menggunakan Metode penelitian (R&D). Jumlah subjek penelitian adalah 60 orang. Model pengembangan (ADDIE) digunakan dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji hasil Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas X di SMK Negeri 1 Padang menunjukkan interpretasi yang baik untuk digunakan, dengan nilai 88,80%. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif telah terbukti kelayakan, dan kegunaannya untuk proses pembelajaran.

References

Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan media pembelajaran power point interaktif melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran tematik integratif siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143–158. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157

Anyan, Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft power point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Bustanil, M. S., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial di sekolah menengah kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Hartono, Lesmana, C., Permana, R., & Matsun. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Jurnal Transformasi, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

Kareem, A. A. (2018). The use of multimedia in teaching biology and its impact on students' learning outcomes. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences, 9(1), 157–165. http://www.epess.net/en/pub/issue/38900/457937

Li, L. (2020). Education supply chain in the era of industry 4.0. Systems Research and Behavioral Science, 37(4), 579–592. https://doi.org/10.1002/sres.2702

Menrisal, Yunus, Y., & Rahmadini, N. S. (2019). Perancangan dan pembuatan modul pembelajaran elektronik berbasis project based learning mata pelajaran simulasi digital SMKN 8 Padang. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 2(1), 1–16. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/196

Munawaroh, D. A., & Rahmadonna, S. (2023). Pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan metode ular tangga berkelompok pada siswa sekolah menengah pertama. EPISTEMA, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61344

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sesriyani, L., & Sukmawati, N. N. (2019). Analisis penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa inggris pada program studi pendidikan ekonomi. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/438-penilaian-hasil-proses-belajar-mengajar.html

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, I., Sefriani, R., & Wagimon. (2020). Development of interactive media based in Adobe. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(3), 134–142. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v5i3.1982

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Vriyanti, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Epistema, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556

Issue

Section

Articles