Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game untuk Meningkatkan Keterampilan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.63451Keywords:
keterampilan, maze game, media, siswa SD, soal ceritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan media pembelajaran Maze Game untuk meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika, (2) kualitas media pembelajaran Maze Game untuk meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N Kepuhan yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data angket. Media Maze Game terbukti valid dan praktis untuk dilakukan dalam proses pembelajaran dengan ditunjukkan dengan validasi dan uji coba dengan berbagai pihak, yaitu validasi ahli, validasi materi, dan validasi guru. Media Maze Game terbukti mampu meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika pada siswa ditunjukkan dengan hasil kuesioner yang diisi oleh siswa yang menunjukkan hasil di atas 90 % dengan tingkat kemudahan, kesesuaian, kevalidan, dan kepraktisan dalam proses pembelajaran matematika.
References
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis Aandroid pada materi fluida statis. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63–70. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.