IMPLEMENTASI PROGRAM SIAGA KEPENDUDUKAN PADA SMAN 1 NGAGLIK SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47322Keywords:
Implementasi, Program, SSK.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program sekolah siaga kependudukan di SMA N 1 Ngaglik Sleman dan mengetahui faktor pendorong serta faktor penghambat dari implementasi program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini berjumlah 10 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dengan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program sekolah siaga kependudukan diterapkan melalui integrasi pendidikan kependudukan kedalam proses pembelajaran dan kegiatan sekolah. Pada proses pembelajaran, pendidikan kependudukan diintegrasikan kedalam mata pelajaran dengan kompetensi dasar yang telah diseleksi dan relevan dengan materi yang diajarkan. Pada kegiatan sekolah, pendidikan kependudukan diajarkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan PIK-R. Proses implementasi program ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong yaitu: 1) dukungan dari guru; dan 2) fasilitas yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: 1) kesulitan mengintegrasikan pendidikan kependudukan pada kompetensi dasar; 2) adanya pandemi Covid-19; 3) kesulitan dalam mengadakan sarana prasarana; dan 4) biaya mahal.References
Ahmadi, A. 2016. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, R. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Alfana, M.A.F dan Beti, N.A, Pernikahan Dini dan Agenda Kebijakan Kedepan (Kasus di Kabupaten Sleman), Jurnal Natapraja, Volume 5, Nomor 2, 2017, 137-148.
Badan Pusat Statistik. 2015. Profil Penduduk Indonesia Hasil SUPAS. Diunduh https://www.bps.go.id/publication/2016/11/30/63daa471092bb2cb7c1fada6/profil-penduduk-indonesia-hasil-supas-2015.html. Pada tanggal 10 April 2020.
BKKBN. 2018. Jurnal Keluarga Informasi Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Diunduh di https://www.bkkbn.go.id/po-content/uploads /Jurnal_Keluarga_Edisi_Keempat_2018.pdf. Pada tanggal 8 April 2020.
BKKBN. 2017. Info Grafis Pendidikan Kependudukan. Diunduh https://www.bkkbn.go.id/po-content/uploads/Info.Grafis.Penduduk.pdf. Pada tanggal 3 Maret 2020.
Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan dan Badan Keluarga Berencana Nasional. 2017. Pedoman Pengelolaan Pendidikan Kependudukan Melalui Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMP, SMA, dan Sederajat. Tersedia di http://balaidiklatkkbbogor.blogspot.com/2017/10/pelatihan-sekolah-siaga-kependudukan.html diunduh pada tanggal 7 April 2020.
Hanum, F. 2011. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher
Hapsari. A. 2019. Sekolah Siaga Kependudukan Tekan Kenakalan Remaja. Diunduh https://www.suaramerdeka.com/ amp/news/baca /206531/ sekolah-siaga-kependudukan-tekan-kenakalan-remaja. Pada tanggal 10 April 2020.
Indraswari, R.R dan Risni, J.Y, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penundaan Kelahiran Anak Pertama Di Wilayah Perdesaan Indonesia: Analisis Data SKDI 2012, Jurnal Kependudukan Indonesia, Volume 12, Nomor 1, 2017, 1-12.
Mantra, I. B. 2015. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tyas, A.K.W.S., dan Siti, H.B.A, Pengambilan Keputusan Menikah Dini Pada Remaja Putri di Kecamatan Sukoharjo Ngaglik, Jurnal Spirits, Volume 8, No 2, 2018, 78-93.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabet.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).