PERANAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SOSIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3429Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru sosiologi SMA di kabupaten Sleman dengan merencanakan dan melaksanakan program kerjanya agar guru sosiologi dapat dikatakan sebagai pendidik yang profesional dibidangnya.
Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Wawancara dilakukan dengan menggunakan interview guide, hasil wawancara ini diperoleh dari narasumber yang berasal dari pengurus dan anggota MGMP Sosiologi SMA di kabupaten Sleman yang menyangkut tentang gambaran umum tentang sejarah singkat lahirnya MGMP Sosiologi disertai visi dan misi MGMP Sosiologi. Sedangkan metode dokumetasi dilakukan untuk memperoleh sumber-sumber tertulis berupa rencana atau program-program yang akan dilakukan pencarian bukti tertulis mengenai program kerja, daftar anggota MGMP Sosiologi, daftar hadir rapat MGMP Sosiologi serta hasil evaluasi dari lembaga pendidikan yang terkait. Metode kepustakaan digunakan untuk mencari hasil penelitian orang lain yang relevan dan buku-buku penunjang tentang organisasi profesi guru. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel secara acak tapi dapat mewakili informasi tentang peranan MGMP Sosiologi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru.
Hasil dari penelitian ini antara lain sebagai berikut : Hasil monitoring dari LPMP yang terdiri dari empat kriteria yang dapat dijabarkan sebanyak 20 point namun, dari 20 poin tersebut program kerja yang menunjukkan usaha dalam meningkatkan kompetensi profesional hanya 3 poin atau 15 % saja. Selain itu dari empat kriteria pokok evaluasi MGMP Sosiologi hanya mampu memenuhi tiga kriteria saja yaitu sekitar 75 %. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia terdapat lima kriteria yang harus dimiliki seorang guru sosiologi namun, belum semua guru sosiologi di kabupaten Sleman ini dapat menggunakan teknologi informatika dalam KBM, karena latar belakang pendidikan guru sosiologi berbeda menyebabkan perbedaan persepsi dalam penguasaan materi, stuktur, konsep dan pola pikir keilmuan mata pelajaran sosiologi. Sehingga peranan MGMP Sosiologi dalam program kerjanya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dikatakan belum terlaksana secara maksimal dan tingkat kompetensi profesional yang dimiliki guru sosiologi saat ini belum sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan UUGD No.14/2005.
Kata Kunci: Kompetensi, MGMP, Evaluasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).