INCREASING SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT THROUGH THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42418Keywords:
Prestasi belajar, model pembelajaran, kooperatif tipe JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IXC Semester 1 di SMP Negeri 2 Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan jenis tindakan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IXC semester 1 yang berjumlah 22 siswa SMP Negeri 2 Kalibawang. Objek Penelitian adalah prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tindakan, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan lembar pengamatan proses pelaksanaan pembelajaran berupa checklis test tertulis. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat diterima baik oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan keaktifan siswa dan perasaan sangat senang sebesar 4,4% dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IXC semester 1 di SMP N 2 Kalibawang, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dengan kategori sangat baik 13% dan nilai baik 41%.Downloads
Published
2022-01-18
How to Cite
Sudarti, S. (2022). INCREASING SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT THROUGH THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42418
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.