PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENGAJARAN SPEAKING PADA MATERI ASKING FOR AND GIVING OPINION

Authors

  • Nur Endah Sulistyorini SMK Negeri 5 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43083

Keywords:

Cooperative Learning, Pembelajaran Speaking

Abstract

Abstrak

Belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing merupakan proses pembelajaran jangka panjang. Proses tersebut meliputi menginternalisasikan budaya pada proses pengajaran. Dengan kata lain, belajar bahasa membutuhkan waktu dan pembiasaan yang berkesinanbungan.   Dalam proses tersebut motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan mereka tentang bahasa target. Mengajarkan  bahasa yaitu menciptakan suasana berkomunikasi yang senantiasa  merangsang keingintahuan mereka tentang bahasa target.

Dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris, guru menghadapi beberapa kondisi dimana peserta didik memiliki karakteristik dan minat masing-masing. Mereka cenderung memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Kondisi ini terkait dengan latar belakang mereka dimana hal tersebut mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris. Dengan kondisi tersebut, perlu adanya kerja sama antar siswa untuk saling menguatkan dan memotivasi dalam proses  pembelajaran bahasa. Guru harus mencoba berbagai model pembelajaran yang paling cocok untuk memecahkan masalah di kelasnya sehingga proses belajar mengajar berjalan sesuai harapan.

Tulisan ini  membahas tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Learning, bagaimana langkah-langkah pembelajarannya dan apakah model pembelajaran tersebut dapat menciptakan lingkungan belajar yang  efektif, aktif  dan menyenangkan.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Sulistyorini, N. E. (2022). PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENGAJARAN SPEAKING PADA MATERI ASKING FOR AND GIVING OPINION. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43083