PENINGKATAN SIKAP, KETERAMPILAN, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN OBSERVASI

Authors

  • Sulino Sulino SMP N 4 Semin Gunung Kidul

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i1.60887

Keywords:

observasi, pembelajaran IPS, hasil belajar.

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPS pada SMP Negeri I Karangmojo cenderung teacher centered. Guru lebih banyak aktif menyampaikan materi pelajaran, sedangkan peserta didik pasif menerima materi pelajaran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan sekitar. Di samping itu penelitian tindakan kelas ini juga bertujuan untuk mengetahui sikap peserta didik dengan indikator kedisiplinan, kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab pada saat mengikuti proses pembelajaran, serta keterampilan peserta didik berupa kemampuan presentasi dalam menyampaikan hasil pembelajaran di depan kelas. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran observasi yang diterapkan pada penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.C pada SMP Negeri I Karangmojo tahun pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dan tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar yang diperoleh di akhir di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran observasi dilihat dari aspek kedisiplinan, kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran serta kemampuan presentasi peserta didik dalam menyampaikan hasil pembelajaran di depan kelas cukup baik, secara kuantitatif rata-rata 80,4. Sedangkan hasil belajar peserta didik melalui tes juga menunjukkan ketuntasan belajar meningkat signifikan dari 21,4% sebelum menggunakan model observasi menjadi 85,7%.

Downloads

How to Cite

Sulino, S. (2023). PENINGKATAN SIKAP, KETERAMPILAN, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN OBSERVASI. Jurnal Ilmiah WUNY, 5(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i1.60887