Pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar terhadap hasil belajar Ekonomi di SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27646Keywords:
motivasi belajar, lingkungan tempat tinggal, sikap belajar, dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS. Sampel siswa sebanyak 159 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil riset menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan motivasi belajar, lingkungan tempat tinggal, dan sikap belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka hipotesis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar terhadap hasil belajar dapat diterima, sehingga dengan meningkatnya motivasi belajar, lingkungan sosial yang kondusif dan sikap belajar yang positif maka akan semakin meningkatkan hasil belajar siswa.References
Ahmadi, A & Uhbiyati, N. (2003). Ilmu pendidikan.Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Ardiansyah. (2006). Evaluasi dan penilaian belajar. Jakarta: Media Grup.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tolitoli. (2015). Profil Kabupaten Tolitoli. Propensi Sulawesi Tengah.
Bala, V., Goyal, S., (1998). Learning from Neighbours. Oxford Journals Social Sciences, 65, 3.
Berns, R.M. (2004). Child, family, school, community socialization and support sixth edition. California, Thomson Wadsworth.
Brophy, Jere. (2010). Motivating Students to Learn. New York and Landon : Michigan State University. Routledge Taylor & Francis Group.
Coleman, M. (2013). Empowering family-teacher partnerships. Georgia, SAGE Publication, Inc.
Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : PT. Gelora Aksara Pratama.
Epstein, L. (2009). School, Family, and Community Partnerships. Thousand Oaks, California 91320. Corwin Press.
Grant, K. B., & Ray, J. A. (2009). Home, school, and community collaboration. Missouri, Sage Publications, Inc.
Hamalik, Oemar. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hendriani & Aman. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui implementasi Strategi Peta Konsep di SMP Muhammdiyah 3 Depok. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, Volume 1,No.1,2014.
Jihad, A & Haris, A. (2009). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Juliandi. (2014). Metodelogi Penelitian Bisnis Konsep Aplikasi.Medan: UMSU Press.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik : Penilain hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Jakarta : PT. Rajagrafindo.
Mulyana, Aina & Hidayat Soleh & Sholih. (2013). Hubungan antara persepsi, minat, dan sikap siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan. 19, 2.
Mulyasa. (2008). Guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nguyen Chi. (2008). Student motivation and learning. Journal of Humanities and Social Science, 2, 174.
Nissa, Hayatun. (2003). Prestasi belajar siswa SLTP negeri di Kecamatan Barabai. Tesis. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu pendidikan teoretis dan praktis. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Scohober, Alexander & Keller Lars. (2012). "Impact factors for learner motivation in Blended Learning environments" jurnal international. 7, 4.
Simanjuntak, Hoholongan. (2013). Kontribusi kemampuan guru melaksanakan pembelajaran terhadap hasil belajar persamaan kuadrat pada siswa SMA Negeri 1 Pangkal Pinang. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan. 19, 191.
Suyanto & Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Erlangga.
Syah, Muhibbin. (2013).Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
The Fourth International Conference on Adult Education, Romania. (2014). "Attitudes towards Academic Learning and Learning Satisfaction in Adult Students". Oxford Journals Social Sciences. 65, 3.
Ting Lin, Yen., & Min Jou. (2013). Integrating Popular Web Applications In Classroom Learning Environments And Its Effects On Teaching, Student Learning Motivation And Performance. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12,2.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wagiran. (2014). Metodologi penelitian pendidikan.Yogyakarta : CV.Budi Utama.
Watoyo, Dwi. (2008). Hubungan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Tesis Magister. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Widoyoko, Eko, Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf & Sugandhi. (2011). Perkembangan peserta didik . Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.