DETERMINAN MINAT INDIVIDU MENGGUNAKAN LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY DENGAN KERANGKA INNOVATION DIFFUSION THEORY
Downloads
Abstrak: Determinan Minat Individu Menggunakan Layanan Financial Technology dengan Kerangka Innovation Diffusion Theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan layanan fintech dengan kerangka Innovation Diffusion Theory (IDT). Penelitian ini merupakan explanatory research. Sampel penelitian adalah 100 pengguna layanan fintech di Kota Yogyakarta yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, trialability, dan observability berpengaruh positif terhadap minat individu menggunakan layanan financial technology di Kota Yogyakarta, sedangkan complexity berpengaruh negatif terhadap minat individu menggunakan layanan financial technology di Kota Yogyakarta.
Kata kunci: Innovation Diffusion Theory (IDT), Layanan Financial Technology, Karakteristik inovasi.
Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.