PENGARUH TRUST DAN PERCEIVED OF RISK TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-COMMERCE
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat atau tidaknya pengaruh Trust terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce, (2) terdapat atau tidaknya pengaruh Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce, dan (3) terdapat atau tidaknya pengaruh Trust dan Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif, yang bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui jumlah sampel yang digunakan sebanyak 137 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Trust terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,534; R2 sebesar 0,228; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh negatif Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,667; R2 sebesar 0,282 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (3) terdapat pengaruh Trust dan Perceived of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi menggunakan E-commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 0,413; dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan (4) Besarnya SE dan SR pada variabel Trust sebesar 17,8% dan 43,1%; sedangkan pada variabel Perceived of Risk sebesar 23,5% dan 56,9%.
Kata Kunci: Trust, Perceived of Risk, Niat untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce
Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.