ANALISIS KESIAPAN KERJA MAHASISWA VOKASIONAL MENGHADAPI ERA INDUSTRI 5.0
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.90262Keywords:
Vocational Education, Automotive Engineering Education, Job Readiness, Industry 5.0Abstract
Pendidikan vokasional adalah pendidikan yang mempersiapkan lulusannya untuk segera bekerja. Namun, lulusan pendidikan vokasional menjadi lulusan penyumbang tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia, dikarenakan banyak lulusan yang belum siap kerja. Mahasiswa Program Studi Pendidikan teknik Otomotif sebagai satu di antara program pendidikan vokasional juga menghadapi masalah yang sama. Mahasiswa Program Studi Pendidikan teknik Otomotif seharusnya dapat bekerja sebagai guru produktif, praktisi industri, dan berwirausaha. Tingginya tingkat pengangguran dapat disebabkan oleh belum terukurnya secara berkala tingkat kesiapan kerja mahasiswa. Di sisi lain, pengukuran yang dilakukan tidak mengikuti dengan perkembangan dunia kerja seperti Industri 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis tingkat kesiapan kerja mahasiswa dalam menghadapi era Industri 5.0 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan teknik Otomotif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diperkuat dengan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan tahapan awal membuat distribusi frekuensi dan menentukan kategori kecenderungan data. Kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif pada penelitian ini diukur melalui aspek keterampilan teknis bidang otomotif, keterampilan digital pendidik, dan budaya kerja. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukan tingkat kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif memiliki kecenderungan dalam kategori Siap.
References
Al-Sinani, Y., & Al Taher, M. (2023). Enhancing teaching skills of physical education teachers in the Sultanate of Oman through augmented reality strategies: A comprehensive feedback-based analysis. Cogent Social Sciences, 9(2), 2266253.
Ariyani, L. F., Widjaja, S. U. M., Wahyono, H., Haryono, A., Rusdi, J. F., & Pratama, C. B. A. (2021). Vocational education phenomena research method. MethodsX, 8, 101537.
BPS. (2024, May 6). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,04 juta rupiah per bulan. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Pressrelease/2024/05/06/2372/Tingkat-Pengangguran-Terbuka--Tpt--Sebesar-4-82-Persen-Dan-Rata-Rata-Upah-Buruh-Sebesar-3-04-Juta-Rupiah-per-Bulan.Html.
Budiani, K. (2024, April 1). Lulusan Pendidikan Meningkat, Indonesia Masih Kekurangan Tenaga Pendidik? Https://Www.Kompasiana.Com/Kemala98/660a37a8c57afb01f769a312/Lulusan-Pendidikan-Meningkat-Indonesia-Masih-Kekurangan-Tenaga-Pendidik#google_vignette.
Deswarta, Mardianty, D., & Bowo. (2023). Pengaruh soft skill, hard skill dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas islam riau di masa endemi covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 364–372. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Franita, R., Fuady, A., Ekonomi, P., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2016). ANALISA PENGANGGURAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(12), 88–93.
Guo, D., & Wang, A. (2020). Is vocational education a good alternative to low-performing students in China. International Journal of Educational Development, 75, 102187.
Handayati, P., Wulandari, D., Soetjipto, B. E., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurship education promote vocational students’ entrepreneurial mindset?. Heliyon, 6(11).
Inderanata, R. N., & Sukardi, T. (2023). Investigation study of integrated vocational guidance on work readiness of mechanical engineering vocational school students. Heliyon, 9(2).
Ishak, O. K., & Sy, M. E. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGANGGURAN DAN INFLIKASINYATERHADAP INDEK PEMBANGUNAN DI INDONESIA. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 22–38.
Isini, S., Mahmud, M., Ardiansyah, Hasiru, R. & Sudirman. (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Bulawa Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Journal Of Economic And Business Education, 3(1), 123-132.
Leng, J., Sha, W., Wang, B., Zheng, P., Zhuang, C., Liu, Q., & Wang, L. (2022). Industri 5.0: Prospect and retrospect. Journal of Manufacturing Systems, 65, 279-295.
Lestari, J.N. & Giawa, N.K. (2025). Analisis Budaya Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 570-585.
Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496– 1514.
Maulidiyah, R., & Ubaidillah, H. (2024). The influence of soft skills, hard skills and motivation on student work readiness as the z generation to face the digital era. 7, 4875–4889.
Mourtzis, D. (2024). Manufacturing from Industri 4.0 to Industri 5.0: Advances and Applications.
Muryanto, S. (2022). Evaluation on the automotive skill competency test through ‘discontinuity’model and the competency test management of vocational education school in Central Java, Indonesia. Heliyon, 8(2).
Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). MEMBANGUN KESIAPAN KERJA CALON TENAGA KERJA. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/138/157
Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115, 105092.
Pettersson, F. (2018). On the issues of digital competence in educational contexts – a review of literature. Education and Information Technologies, 23(2), 1005-1021.
Revo, M. (2024, May 8). Lulusan SMK Paling Banyak Nganggur, Pemerintah Kudu Piye? Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Research/20240508113817-128-536658/Lulusan-Smk-Paling-Banyak-Nganggur-Pemerintah-Kudu-Piye.
Reza, A. (2024, June 10). Pengangguran Sarjana Pendidikan, Sebab Apa? Https://Www.Kompasiana.Com/Agnes14282/66665bb6ed641527b3636983/Pengangguran-Sarjana-Pendidikan-Sebab-Apa#google_vignette.
Rio, A. (2025). Peran Kompetensi Digital Guru untuk Mutu Pendidikan. Diakses dari https://kuanta.id/peran-kompetensi-digital-guru-untuk-mutu-pendidikan/
Sailer, M., Stadler, M., Schultz-Pernice, F., Franke, U., Schöffmann, C., Paniotova, V., & Fischer, F. (2021). Technology-related teaching skills and attitudes: Validation of a scenario-based self-assessment instrument for teachers. Computers in Human Behavior, 115, 106625.
Sakiinah, A. N., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0;Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 18–28.
Sianturi, E.I.P. (2021). Pengaruh Penerapan Budaya Kerja (Corporate Culture) terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Perkreditan Rakyat Puskopat Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(1), 43-59.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960.
Sparrow, R., Dartanto, T., & Hartwig, R. (2020). Indonesia Under the New Normal: Challenges and the Way Ahead. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 269–299. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1854079
Sudira, P. (2016). TVET ABAD 21 Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional (Kedua). UNY Press.
Sutrisno, V.L.P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswapada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120
Wibowo, R. E., Tri, J., Santoso, B., & Artikel, I. (2020). Business and Accounting Education Journal PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI SMK. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej
Yang, H., Yang, L., Chen, L., Liu, J., Cui, S., & Zhang, L. (2024). Exploring work readiness: a qualitative descriptive study of self-perceptions among new graduate nurses. Heliyon, 10(7).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.



