Implementasi Model Pembelajaran Berbasis TIK untuk Mengembangkan Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Konsep Gaya Antar Partikel
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7165Kata Kunci:
model pembelajaran berbasis TIK, model mental, mahasiswa calon guru kimia, gaya antar partikelAbstrak
Penelitian implementasi model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan model mental mahasiswa calon guru kimia pada konsep gaya antar partikel, khususnya dalam mempertautkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Metode yang digunakan meliputi kuasi eksperimen control group pre-posttest design. Dalam kelas eksperimen, perkuliahan dilakukan melalui model pembelajaran berbasis TIK sedangkan dalam kelas kontrol menggunakan media powerpoint transparancy. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki keunggulan dalam menjelaskan berbagai fenomena berdasarkan perbedaan kekuatan gaya antar partikel. Fenomena yang dapat dijelaskan meliputi: proses pelarutan, titik leleh, titik didih, viskositas, dan tegangan permukaan.
Kata kunci: model pembelajaran berbasis TIK, model mental, mahasiswa calon guru kimia, gaya antar partikel
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.