Implementasi Model Pembelajaran Berbasis TIK untuk Mengembangkan Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Konsep Gaya Antar Partikel

Authors

  • Wiji Wiji Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Liliasari Liliasari Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Mulyani Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7165

Keywords:

model pembelajaran berbasis TIK, model mental, mahasiswa calon guru kimia, gaya antar partikel

Abstract

Penelitian implementasi model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan model mental mahasiswa calon guru kimia pada konsep gaya antar partikel, khususnya dalam mempertautkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Metode yang digunakan meliputi kuasi eksperimen control group pre-posttest design. Dalam kelas eksperimen, perkuliahan dilakukan melalui model pembelajaran berbasis TIK sedangkan dalam kelas kontrol menggunakan media powerpoint transparancy. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki keunggulan dalam menjelaskan berbagai fenomena berdasarkan perbedaan kekuatan gaya antar partikel. Fenomena yang dapat dijelaskan meliputi: proses pelarutan, titik leleh, titik didih, viskositas, dan tegangan permukaan.

Kata kunci: model pembelajaran berbasis TIK, model mental, mahasiswa calon guru kimia, gaya antar partikel

Downloads

Published

2014-12-14

How to Cite

Wiji, W., Liliasari, L., & Mulyani, S. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis TIK untuk Mengembangkan Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Konsep Gaya Antar Partikel. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 145–153. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7165