Penilaian Kemampuan Inkuiri Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik SMA di DIY

Penulis

  • Supahar Supahar Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3890

Kata Kunci:

penilaian, kemampuan inkuiri, mata pelajaran fisika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen pengukur kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika peserta didik SMA dan mengukur kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika peserta didik kelas X dan XI-IPA SMA di DIY. Penelitian ini melalui tiga tahap, yakni: pengembangan awal instrumen, uji coba, dan pengukuran. Tahap pengembangan awal instrumen meliputi penyusunan, telaah, dan validasi. Validasi isi dilakukan oleh ahli pengukuran, ahli pendidikan fisika, ahli fisika, dan praktisi. Instrumen yang terdiri atas empat perangkat tes yang telah divalidasi diujicobakan pada 2.015 peserta didik. Pelaksanaan pengukuran menggunakan instrumen hasil uji coba yang terdiri atas empat perangkat tes yang masing-masing memiliki 30 butir termasuk sembilan anchor items pada 2.383 peserta didik. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa skor dalam skala logit kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika siswa SMA di DIY terendah, tertinggi, rata-rata, dan simpangan baku berturut-turut adalah 0,09; 0,19; 0,13; dan 0,015. Skor semua peserta didik berada pada rentang 0,0 sampai +1,0 menurut skala logit yang artinya kemampuan siswa berada di atas rata-rata. Kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan dominan pada kategori 2 dan 3 dari kategori 1 sampai dengan 4. Jadi, kemampuan inkuiri mata pelajaran fisika siswa SMA di DIY masih belum memuaskan.

Kata kunci: penilaian, kemampuan inkuiri, mata pelajaran fisika

Diterbitkan

2014-06-14

Cara Mengutip

Supahar, S. (2014). Penilaian Kemampuan Inkuiri Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik SMA di DIY. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 28–41. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3890

Terbitan

Bagian

Articles