Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu

Authors

  • Sutiman Sutiman Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Antuni Wiyarsi Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Erfan Priyambodo Jurdik Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3892

Keywords:

pembelajaran kooperatif, STAD, jigsaw, aktivitas belajar, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif yang paling efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan Filsafat Ilmu serta mengetahui profil hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian dilaksanakan sebagai penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 38 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Filsafat Ilmu. Siklus pertama dengan penerapan metode STAD dan siklus kedua dengan metode Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode Jigsaw pada perkuliahan Filsafat Ilmu lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan penerapan metode STAD. Profil hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan Filsafat Ilmu dengan penerapan metode STAD untuk kriteria baik sebanyak 18,42%, kriteria cukup 23,68% dan kriteria kurang sebanyak 62,86%. Adapun dengan penerapan metode Jigsaw untuk kriteria sangat baik 2,63%, baik 18,42%, dan cukup sebanyak 78,94%.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, STAD, jigsaw, aktivitas belajar, motivasi

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Sutiman, S., Wiyarsi, A., & Priyambodo, E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3892

Issue

Section

Articles