Pengembangan M-Learning Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.21224Keywords:
mobile learning, sistem imun, berpikir kritis, kemandirian belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media mobile learning tema sistem imun yang layak sebagai media pembelajaran Biologi SMA kelas XI, serta mengungkapkan pengaruh media mobile learning materi sistem imun terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan sintesis dari model ADDIE tipe Clark dan model Carey. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 30 siswa SMA N 5 Yogyakarta dan uji coba skala luas dilakukan pada 60 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian pakar media dan pakar materi menunjukkan bahwa media mobile learning tema sistem imun sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas XI SMA, serta hasil uji coba menunjukkan bahwa media mobile learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.
References
Anderson, L. W., & Kartwohl, D. R. (2001). Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen. Pustaka Pelajar.
Anitah, S. (2009). Media pembelajaran. Mata Padi Presindo.
Arifin, Z. (2012). Pengembangan pembelajaran aktif dengan ICT. Skripta Media Creative.
Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Campbell, N. A., & Jane B. R. (2005). Biology: Sevent editions. Pearson Educations, Inc.
Cruickshank, D. R., Deborah L. B., & Kim K. M. (2012). The act of teaching. McGrow Hill Companies, Inc.
Dawson, M., & Milne, G. R. (2014). Immunological and blood products: Pharmaceutical monographs (Vol. 5). Butterworth-Heinemann.
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. The California Academic Press.
Fisher, A. (2007). Berpikir kritis: Sebuah pengantar. Erlangga
Gall, M. D. (2007). Educational research: An introduction. Pearson Education, Inc.
Garrand, T. (2006). Writing for multimedia and the web. Elsevier Inc.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
Isjoni & Arif, I. (2008). Pembelajaran virtual. Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun 2014. Badan PSDM PKPMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan tes diagnostik two-tier multiple choice untuk menganalisis miskonsepsi siswa kelas X pada materi archaebacteria dan eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114-127.
Mohamed Sarrab, L. E. (2012). Mobile learning (m-learning) and educational environment. International Journal of Distributed and Parallel System, 3(1), 31-38.
O'day, D. H. (2007). The value of animations in biology teaching: A study of long-term memory retention. CBE-Life Sciences Education, 6(3), 217-223.
Shih, K. P., Chen, H. C., Chang, C. Y., & Kao, T. C. (2010). The development and implementation of scaffolding-based self-regulated learning system for e/m-learning. Educational Technology & Society, 13(1), 80-93.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14-25.
Van Erp, N. L. (2008). Critical thinking in online graduate courses: A phenomenological study (Doctoral dissertation, Capella University).
Wegener, D. R. (2006). Training library patrons the ADDIE way. Chandos Publishing (Oxford) Limited.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.