Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus

Authors

  • Popi Junita Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Hariani Juwita Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Jemiyo Siswanto Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.20543

Keywords:

kubus, model pembelajaran brainstorming, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas  VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran  2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 165 siswa, sampel yang diambil dalam penelitian ini secara acak. Maka terpilihlah kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa, kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dengan jumlah keseluruhan penelitian ini 65 siswa. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk uraian, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 2,41 > 1,67 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas  VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran  2017/2018.

References

Andri, A., Zagir, Z., & Dores, O. J. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 414-426.

Avianti, N. A. (2008). Matematika untuk kelas VIII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran), 3(1), 18-25.

Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83-102.

Nahdi, D. S. (2019). Efektivitas pendekatan brainstorming teknik round-robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 11-22.

Sa'o, S. (2016). Berpikir intuitif sebagai solusi mengatasi rendahnya prestasi belajar matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43-56.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 15-31.

Utami, D. (2015). Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232-241.

Yuniati, D. R. Z., Ardana, I. M., & Waluyo, D. (2014). Pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 2(1), 17-24.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Junita, P., Juwita, H., & Siswanto, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(2), 67–71. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.20543