Penerapan Praktikum Kimia Terintegrasi Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Lis Permana Sari FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sukisman Purtadi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktikum kimia terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dikenai tindakan praktikum terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah (PTMPBL) dalam tiga siklus. Keterlaksanaan PTMPBL ditinjau dari peningkatan aspek keterampilan kooperatif, keterampilan investigasi, sikap ilmiah mahasiswa, dan apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanaan PTMPBL. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum terintegrasi yang dilaksanakan dalam bentuk PTMPBL terbimbing efektif untuk diterapkan di dalam mata kuliah praktikum Kimia Dasar I. Apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanakan PTMPBL sangat bagus.

Kata kunci: praktikum kimia terintegrasi, pembelajaran berbasis masalah

Downloads

Published

2012-05-03

How to Cite

Sari, L. P., & Purtadi, S. (2012). Penerapan Praktikum Kimia Terintegrasi Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(2), 89–96. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.698