Penerapan Praktikum Kimia Terintegrasi Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.698Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktikum kimia terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dikenai tindakan praktikum terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah (PTMPBL) dalam tiga siklus. Keterlaksanaan PTMPBL ditinjau dari peningkatan aspek keterampilan kooperatif, keterampilan investigasi, sikap ilmiah mahasiswa, dan apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanaan PTMPBL. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum terintegrasi yang dilaksanakan dalam bentuk PTMPBL terbimbing efektif untuk diterapkan di dalam mata kuliah praktikum Kimia Dasar I. Apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanakan PTMPBL sangat bagus.
Kata kunci: praktikum kimia terintegrasi, pembelajaran berbasis masalah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.