Analisis Proses Bernalar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika di SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang

Authors

  • Yulia Primantari Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  • Toto Nusantara Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
  • Edy Bambang Irawan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19652

Keywords:

kemampuan kognitif, penalaran, pemecahan masalah matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bernalar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang dalam memecahkan masalah matematika. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang sebanyak 27 siswa. Data diperoleh dari pemberian Tes dan Wawancara. Hasil penelitian proses bernalar siswa ini menunjukkan bahwa (1) menyajikan pernyataan matematika, siswa mampu menyajikan pernyataan matematika dengan benar yaitu terbukti pada kegiatan siswa membuat model matematika dari soal cerita yang diberikan; (2) mengajukan dugaan, siswa dapat menentukan strategi penyelesaian soal dengan benar, hal ini terbukti pada kegiatan siswa pada saat menentukan strategi dengan cara eliminasi untuk memperoleh salah satu nilai; (3) melakukan manipulasi, siswa dapat mengerjakan soal menggunakan konsep matematika yang relevan serta melakukan perhitungan sampai selesai dan memperoleh hasil yang benar, hal ini terbukti pada kegiatan siswa dalam menyelesaikan masalah, siswa mengerjakan soal dengan menggunakan konsep matematika yang relevan yaitu konsep SPLD, siswa juga melakukan perhitungan sampai selesai dengan hasil yang benar; (4) menyimpulkan, menunjukkan bahwa siswa belum mampu menarik kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan dengan baik. Siswa belum mampu   menuliskan kesimpulan akhir dari jawaban yang diperoleh. Mereka hanya selesai sampai perhitungan akhir tanpa memberikan kesimpulan atas jawaban yang diperoleh.

References

Ayal, C. S., Kusuma, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2016). The enhancement of mathematical reasoning ability of junior high school students by applying mind mapping strategy. Journal of Education and Practice, 7(25), 50-58.

Bossé, M. J., Lee, T. D., Swinson, M., & Faulconer, J. (2010). The NCTM process standards and the five Es of science: Connecting math and science. School Science and Mathematics, 110(5), 262-276.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. UI Press.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Ruddock, G. J., O'Sullivan, C. Y., Arora, A., & Erberber, E. (2005). TIMSS 2007 assessment frameworks. International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Measure reasoning skill of mathematics students. International Journal of Higher Education, 8(6), 85-91.

Setiawan, H., & Dafik, N. D. S. L. (2014). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Primantari, Y., Nusantara, T., & Bambang Irawan, E. (2021). Analisis Proses Bernalar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika di SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 16–20. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19652

Issue

Section

Articles