Evaluasi penerapan program manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Ali Mustadi
  • Unik Ambarwati
  • Rahayu Condro Murti
  • Supartinah Supartinah

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4925

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana keterlaksanaan
implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah
Istimewa Yogyakarta (DIY). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa
SD di DIY. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluative Research). Pengumpulan
data menggunakan teknik angket, observasi, dokumentasi. Pendekatan evaluasi yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu evaluasi model Stake (Stake's Countenance Model) yang
membandingkan antara proses pembelajaran yang terjadi dengan proses pembelajaran
yang seharusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar (SD) di Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY) berjalan dengan kategori cukup baik. Hal ini didasarkan pada penggunaan desain
evaluasi model Stake's Countenance Model yang menekankan adanya pelaksanaan dua
hal pokok yakni deskripsi (description) dan pertimbangan keputusan (judgements). Dalam
proses implementasi, program MBS mencakup 3 pilar utama yaitu: 1) input (antecedent),
2) proses (transaction), 3) hasil (outcomes)

Author Biography

Ali Mustadi

Universitas Negeri YogyakartaEmail : aly_uny@yahoo.com

Downloads

How to Cite

Mustadi, A., Ambarwati, U., Murti, R. C., & Supartinah, S. (2015). Evaluasi penerapan program manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4925

Issue

Section

Articles