Etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran

Authors

  • Sugeng Bayu Wahyono
  • Deni Hardianto
  • Unik Ambarwati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4924

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan menganalisis penyebab rendahnya etos
belajar siswa dari perspektif sosial budaya, dan menawarkan solusi yang efektif bagi upaya
meningkatkan etos belajar siswa di daerah pinggiran. Pilihan metode penelitian adalah
metode survei dan penelitian kancah (field research). Hasil penelitian menunjukan bahwa
etos belajar siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di daerah pinggiran
ternyata masih dalam kategori sedang cenderung rendah. Indikatornya adalah bahwa
dikalangan siswa sekolah pinggiran ditandai rendahnya minat baca, kurang menyukai
tantangan atau rendahnya watak kompetitif, rendahnya kemandirian, tanggung jawab
belajar yang tidak tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikan
terhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran dan terdapat hubungan yang
tidak linier antara persepsi positif terhadap belajar dengan praksis belajar di kalangan
siswa sekolah daerah pinggiran

Author Biography

Sugeng Bayu Wahyono

Universitas Negeri Yogyakarta Email: bayu_wahyono@yahoo.com

Downloads

How to Cite

Wahyono, S. B., Hardianto, D., & Ambarwati, U. (2015). Etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4924

Issue

Section

Articles