IMPLEMENTASI LEARNING CYCLES MODEL "THREE MURANOI'S INTERACTION ENHANCEMENTS" PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3104Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Learning Cycles Model"˜ThreeMuranoi's Interaction Enhancements' pada kompetensi English for Bilingual Instruction
dalam proses pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa program studi PGSD. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan catatan lapangan.
Hasil menunjukkan bahwa implementasi tersebut telah berjalan dengan baik. Dalam proses
pembelajaran, kompetensi English for Bilingual Instruction, yang merupakan salah satu
bagian dari kompetensi Sociolinguistic dan kompetensi Strategic dalam teori Communicative
Competence menjadi fokus utama penelitian ini, di mana desain pembelajaran kompetensi
English for Bilingual Instruction menggunakan ke-3 tahap yaitu: tahap 1) rehearsal phase,
tahap 2) performance phase, dan tahap 3) debriefing phase yang dilaksanakan melalui 3 tahap
Learning Cycles model Three Muranoi's Interaction Enhancements.
Kata Kunci: Three Muranoi's Interaction Enhancements, English for Bilingual Instruction
Downloads
Published
2016-11-25
How to Cite
Mustadi, A. (2016). IMPLEMENTASI LEARNING CYCLES MODEL "THREE MURANOI’S INTERACTION ENHANCEMENTS" PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3104
Issue
Section
Articles