Peningkatan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4 melalui media visual interaktif

Authors

  • Erni Dwi Endarwati
  • Djamilah Bondan Widjajanti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10690

Keywords:

motivasi, prestasi belajar, operasi hitung bilangan bulat, media visual interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Paliyan 4 Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul melalui media visual interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, angket, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual interaktif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4.

Downloads

Published

2016-12-09

How to Cite

Endarwati, E. D., & Widjajanti, D. B. (2016). Peningkatan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4 melalui media visual interaktif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10690

Issue

Section

Articles