PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS

e-modul interaktif kemandirian belajar dasar desain grafis sekolah kejuruan

Authors

December 20, 2021
December 20, 2021

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif pengolahan gambar bitmap (Raster) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa mata pelajaran Dasar Desain Grafis, kelas X, Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Multimedia. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Desain uji coba produk terdiri dari uji coba tahap awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional dengan melaksanakan pra-eksperimental. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, skala kelayakan e-modul oleh ahli materi dan media, skala kemandirian belajar, dan skala respon siswa yang kemudian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian para ahli, pada aspek materi memperoleh kategori sangat layak dengan skor 3,88; aspek media kategori sangat layak dengan skor 3,61; sedangkan kelayakan produk e-modul pada aspek respon pengguna menunjukkan produk e-modul  tergolong dalam kategori sangat layak. Nilai akhir kemandirian belajar mengalami peningkatan sebesar 0,45 dan tergolong kategori sedang. Dari hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Modul interaktif sangat layak dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dasar desain grafis siswa.
Kata kunci: e-modul interaktif, kemandirian belajar, dasar desain grafis, sekolah kejuruan

THE DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-MODULES TO IMPROVE INDEPENDENT LEARNING IN BASIC GRAPHICS DESIGN

This study aimed to produce an interactive e-module bitmap image processing (Raster) to increase student learning independence for Basic Graphic Design subjects for Multimedia Skills Competence, Grade X in Vocational High School level. This research was a product trial design consisting of an early-stage trial, the main field trial, and an operational field trial that carried out pre-experiments. The data collection instrument used was a need analysis questionnaire, an e-module feasibility scale by material and media experts, a learning independence scale, and a student response scale which was then analyzed descriptively. The results showed that based on the assessment of experts, on the material aspect, it was categorized as very feasible with a score of 3.88; the media aspect is as a very feasible category with a score of 3.61; while the feasibility of the e-module product on the aspect of user response shows in very feasible category. The final value of learning independence has increased by 0.45, categorized as the medium category. From the analysis results, it can be concluded that the interactive e-module is very feasible and effective enough to be used to increase the independence of students' basic learning of graphic design