Evaluasi Kampus Mengajar: Studi Kasus Konversi SKS di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

evaluasi program MKBKM kampus mengajar konversi SKS

Authors

January 9, 2024
September 30, 2023

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses konversi SKS program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kegiatan Kampus Mengajar (KM) pada jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNY, permasalahan, dan solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti memiliki peran sebagai instrumen penelitian utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang digunakan untuk mengkaji dan mencari informasi secara mendalam tentang akar penyebab permasalahan konversi. Hasilnya adalah konversi program kampus mengajar di Jurusan Administrasi Pendidikan melibatkan ketua dan sekretaris jurusan, dekanat FIP UNY, dosen pengampu mata kuliah jurusan, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY. Terdapat dua cara dilakukan oleh mahasiswa untuk mengonversi hasil program kampus mengajar, pertama adalah mahasiswa mengikuti program kampus mengajar bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN-PK, cara kedua mahasiswa menggunakan slot SKS yang memang disediakan oleh kurikulum untuk mahasiswa berpartisipasi dalam program MBKM, termasuk kampus mengajar. Solusinya adalah, pertama yaitu memperjelas alur komunikasi dan koordinasi antara mahasiswa dan jurusan. Kedua adalah pembuatan SOP yang secara spesifik membahas mengenai prosedur pelaksanaan program kampus mengajar terlebih dalam hal konversi atau ekuivalensi SKS.