PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN SDN SE-KECAMATAN MLATI

Authors

  • Rahmat Pandoyo SDN Sinduadi Timur
  • Wuradji Wuradji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6341

Keywords:

kepemimpinan, kinerja, keefektifan sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap keefektifan sekolah di sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Populasi penelitian adalah 31 sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, yang terdiri dari guru, dengan  responden  sebanyak 151 orang guru. Pemilihan responden menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model Rating Scale. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach's. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis penelitian  menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap keefektifan sekolah; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kinerja guru terhadap keefektifan sekolah; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan sekolah; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan sekolah.

Downloads

Published

2015-10-26

How to Cite

Pandoyo, R., & Wuradji, W. (2015). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN SDN SE-KECAMATAN MLATI. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 250–263. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6341

Issue

Section

Articles