UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU IPA SMP DI KECAMATAN SLEMAN MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN LESSON STUDY

Authors

  • Lilik Mardiningsih SMPN 3 Tempel Sleman
  • Djukri Djukri Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6338

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan profesionalisme guru IPA SMP se Kecamatan Sleman, melalui kegiatan lesson study, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif. Subyek penelitian 32 orang siswa kelas VIII dan 10 orang guru IPA SMP se-kecamatan Sleman. Kolaborator adalah guru-guru fisika dari SMP Negeri Kecamatan Sleman. Skenario tindakan meliputi 3 siklus, dengan desain: perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, observasi, refleksi dalam setiap siklus. Metode dan alat pengumpulan data: angket untuk data kuantitatif, observasi dan wawancara untuk data kualitatif, tes prestasi belajar untuk pengukuran hasil. Analisis dan Refleksi dilakukan setiap siklus. Pemaknaan hasil analisis dan kriteria keberhasilan dengan optimalisasi kegiatan lesson study. Hasil penelitian adalah: Kegiatan lesson study dapat meningkatan profesionalisme guru dan berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa. Peningkatan profesionalisme tampak dari peningkatan kompetensi pribadi guru pada siklus 1, ada 15,6% guru masuk kategori baik dan pada siklus 2 ada 3,1% berkategori sangat baik, 43,8% guru berkategori baik. Peningkatan kompetensi profesional guru pada siklus 1, ada 25% guru berkategori baik, pada siklus 2 ada 9,4% sangat baik, 37,2%, baik.

Kata kunci: Profesionalisme guru IPA

Downloads

Published

2015-10-26

How to Cite

Mardiningsih, L., & Djukri, D. (2015). UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU IPA SMP DI KECAMATAN SLEMAN MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN LESSON STUDY. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 213–225. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6338

Issue

Section

Articles