PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS III SENTOLO KULON PROGO
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337Keywords:
pelaksanaan, supervisi akademik, kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi Sekolah Dasar gugus III Sentolo Kulon Progo dan meningkatkan kinerja guru meliputi: (a) unsur-unsur, (b) prinsip dan teknik, (c) tindak lanjut, (d) pendukung dan penghambat, dan (e) upaya mengatasi hambatan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah kepala sekolah dasar di gugus III Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, triangulasi data, member cheeking. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa: (a) supervisi akademik meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (b) prinsip-prinsip supervisi akademik meliputi: praktis, objektif, humanis, kooperatif, keke-luargaan, demokratis, komprehensif, prinsip berkesimbungan belum dilaksanakan, teknik dalam supervisi invidual dan kelompok; (c) tindak lanjut supervisi belum dilakukan dengan optimal, (d) pendukung supervisi kesediaan guru disupervisi, jadwal, seprofesi, kendala supervisi guru terbebani dan banyaknya kegiatan kepala sekolah; (e) upaya memberikan pemahaman supervisi akademik sebagai kebutuhan guru dan jadwal supervisi efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.