PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR

kepemimpinan transformasional motivasi kerja budaya sekolah prestasi

Authors

October 26, 2015
October 26, 2015

Downloads

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (KS) dengan prestasi belajar siswa; (2) pengaruh budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa; (3) pengaruh motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Merupakan penelitian survey dengan populasi 512 sekolah dasar dengan sampel 95 sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (3) terdapat pengaruh langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa;  (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Secara keseluruhan sumbangan kepemimpinan transformasional KS, budaya sekolah, motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,91%.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>