PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Anik Hendrawati SDN Ledoknongko Sleman
  • Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6331

Keywords:

kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, budaya sekolah, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (KS) dengan prestasi belajar siswa; (2) pengaruh budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa; (3) pengaruh motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Merupakan penelitian survey dengan populasi 512 sekolah dasar dengan sampel 95 sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan transformasional KS dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (3) terdapat pengaruh langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa;  (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara budaya sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi kerja guru; (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa. Secara keseluruhan sumbangan kepemimpinan transformasional KS, budaya sekolah, motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,91%.

Downloads

Published

2015-10-26

How to Cite

Hendrawati, A., & Prasojo, L. D. (2015). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 141–157. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6331

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>