Kritik terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42586Keywords:
internasionalisasi, pendidikan tinggi, kebijakan pendidikanAbstract
Artikel ini merupakan telaah kritis terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan. Tujuan studi kepustakaan ini adalah (1) mendeskripsikan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan; (2) membangun kritik terhadap politik internasionaliasi pendidikan tinggi Taiwan; (3) membangun gagasan implementasi politik internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan berupa re-interpretasi pemikiran dalam artikel kunci terpilih dan pembangunan gagasan oleh peneliti dengan mendasarkan kepada kajian literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Taiwan menjalin kerjasama pendidikan tinggi dengan negara-negara yang terletak di bagian selatan, yang terutama ditempuh melalui mobilitas mahasiswa internasional dari dan ke dalam Taiwan; (2) pilihan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan diindikasikan sebagai upaya dominasi Taiwan kepada negara-negara lain, dan upaya menghimpun sumber daya manusia berbakat untuk menggerakkan pembangunan berbagai sektor di Taiwan; 3) gagasan internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang: (a) optimalisasi hubungan multilateral regional; (b) mahasiswa Indonesia studi di luar negeri; (c) peningkatan perguruan tinggi bertaraf internasional; dan (d) pendirian perguruan tinggi asing di negara-negara berkembang.References
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Abingdon, Oxon: Routledge.
de Wit, H. (2020). Internationalization of Higher Education: The Need for a More Ethical and Qualitative Approach. Journal of International Students, 10(1), i–iv. https://doi.org/https://doi.org/10.32674/jis.v10i1.1893
Ermylina, E. (2020). Kepentingan Taiwan dalam meningkatkan ikatan people to people melalui New Southbound Policy. Universitas Muhammadiyah Malang.
Fabtian, D. R. A. (2018). Belt Road Initiatives (BRI): Intensi Supremasi Tiongkok di Samudra Hindia dan Respon Counterbalance dari India. Jurnal Hubungan Internasional, XI(2), 240–253.
Forsudd, C. M. (2009). The Motives of Aid Donors –A comparative study of the aid allocation of Denmark, Norway and Sweden. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:234182/FULLTEXT01.pdf
Kemenlu. (2019). Landasan, Visi Dan Misi Polugri: Ringkasan. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. https://kemlu.go.id/portal/id/read/12/halaman_list_lainnya/ringkasan
Kemenristekdikti. (2019). Pedoman Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.
Krisna, A. R. (2018). Strategi Internasionalisasi Sektor Pendidikan Pemerintah Taiwan dalam Era New Southbound Policy. Jurnals FIS.
Lin, A. F.-Y. (2020). Internationalization initiatives of Taiwan's higher education: a stepping stone to regional talent circulation or reproduction of unbalanced mobility scheme? Initiatives of Taiwan's Higher Education, 14(2), 69–91. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/HEED-06-2020-0017
LPDP. (2021). Tentang Beasiswa LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan.
Marsigit. (2009). Universitas Negeri Yogyakarta Menuju Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional (PTBI), "Yogyakarta State University on the move toward World Class University." Sidang SENAT Universitas Negeri Yogyakarta Komisi I Hearing Dengan PR I: Konsep WCU Pada Senin, 7 Desember 2009 Di UNY.
PPI. (2019). Mahasiswa Indonesia di Taiwan Bukan Kerja Paksa. Republika. https://www.republika.co.id/berita/pksf3t335/ppi-mahasiswa-indonesia-di-taiwan-bukan-kerja-paksa
SEAMEO. (2020). What is SEAMEO? The Southeast Asian Ministers of Education Organization.
Taipei Economic and Trade Office. (2018). Presiden Tsai Ing-wen mengadopsi pedoman "New Southbound Policy." Roc-Taiwan. https://www.roc-taiwan.org/id_en/index.html
UNY. (2021). Panduan Penyelenggaraan Visiting Professor (Masa Pandemi Covid-19). Universitas Negeri Yogyakarta.
Veugelers, R. (2020). Impact of Higher Education Internationalisation on the Economy. Luxembourg: Publications Office of the European Union.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
UU RI No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.