PENDEKATAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KOMPONEN PENDIDIKAN
Main Article Content
Abstract
Secara agregat ada tiga pendekatan terhadap pendidikan yaitu pendekatan secara ilmiah (keilmu-alaman), filsafati (abstrak-spekulatif) dan fenomenologis (praktis = normatif). Fenomenologi sebagai metode menurut Husserl dibagi dua tahap (1) reduksi fenomenologis (fenomena tentang pendidikan akan tampak setelah segala yang bersifat subyektif individual insidental disaring dengan tuntas, (2) reduksi ciditis = rneningkatkan hasil pengamatan fenomena sampai pada esensinya). Aplikasi metode fenomenologi pada pendidikan nampak pada proses membaca apa yang tampil dalam pendidikan atau membaca situasi pendidikan dengan jalan mengamati secara tajam.
Article Details
How to Cite
[1]
PRIYOYUWONO, P. 2008. PENDEKATAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KOMPONEN PENDIDIKAN. FOUNDASIA. 1, 9 (Mar. 2008). DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5869.
Issue
Section
Articles
![]() | ProGCouns: Professional Guidance and Counseling Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/progcouns is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |