PENDEKATAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KOMPONEN PENDIDIKAN

Main Article Content

PETRUS PRIYOYUWONO

Abstract

Secara agregat ada tiga pendekatan terhadap pendidikan yaitu pendekatan secara ilmiah (keilmu-alaman), filsafati (abstrak-spekulatif) dan fenomenologis (praktis = normatif). Fenomenologi sebagai metode menurut Husserl dibagi dua tahap (1) reduksi fenomenologis (fenomena tentang pendidikan akan tampak setelah segala yang bersifat subyektif individual­ insidental disaring dengan tuntas, (2) reduksi ciditis = rneningkatkan hasil pengamatan fenomena sampai pada esensinya). Aplikasi metode fenomenologi pada pendidikan nampak pada proses membaca apa yang tampil dalam pendidikan atau membaca situasi pendidikan dengan jalan mengamati secara tajam.

Article Details

How to Cite
[1]
PRIYOYUWONO, P. 2008. PENDEKATAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KOMPONEN PENDIDIKAN. FOUNDASIA. 1, 9 (Mar. 2008). DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5869.
Section
Articles