Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis bagi Siswa SMA Kelas XI

Authors

  • Siti Latifah Mubasiroh Universitas Negeri Malang
  • Endah Tri Priyatni Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitasn Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926

Abstract

Literasi kritis dalam pembelajaran menulis resensi diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran kritis bagi siswa untuk menemukan praktik sosial yang termuat dalam teks. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran menulis resensi belum mencapai level kritis. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk menghasilkan resensi kritis dengan panduan yang jelas dan sesuai dengan level berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis yang memenuhi kelayakan isi, penyajian materi, keterbacaan, kegrafikaan, daya terap dan serap, kebermanfaatan, serta efektivitas bahan ajar dalam pembelajaran bagi siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Data diperoleh dari hasil validasi produk dan komentar validator serta responden. Hasil validasi dosen ahli, guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak diimplementasikan dalam pembelajaran menulis resensi kritis cerpen.

 

Kata kunci: Bahan ajar, menulis resensi, literasi kritis

Downloads

Published

2019-09-15

How to Cite

[1]
Mubasiroh, S.L. et al. 2019. Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis bagi Siswa SMA Kelas XI. FOUNDASIA. 10, 2 (Sep. 2019). DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926.

Issue

Section

Articles