Kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian siswa serta implikasinya bagi program bimbingan dan konseling

Authors

  • Fadilla Agustine Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Deasy Yunika Khairun Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Meilla Dwi Nurmala Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27923

Abstract

Usia remaja merupakan masa transisi menuju kedewasaan. Namun, beberapa siswa SMA belum menunjukkan sikap yang mengarah pada kedewasaan misalnya mencontek dan mudah dipengaruhi oleh teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besaran kontribusi antara pengasuhan orangtua dengan kemandirian siswa. Hasilnya dapat digunakan untuk merancang program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis korelasi. Data dikumpulkan dari 96 siswa kelas XI SMAN 7 Kota Serang melalui angket dan dianalisis menggunakan uji korelasi. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pengasuhan orangtua terhadap kemandirian siswa, meskipun tingkat interpretasi hubungannya rendah. Besaran kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian yakni 11%, yang berarti masih ada 89% faktor lain yang berkontribusi terhadap kemandirian siswa namun tidak tercakup dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Pengasuhan orangtua, kemandirian siswa, siswa SMA

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

[1]
Agustine, F. et al. 2019. Kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian siswa serta implikasinya bagi program bimbingan dan konseling. FOUNDASIA. 10, 2 (Oct. 2019). DOI:https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27923.

Issue

Section

Articles