Penerapan Media Canva Sebagai inovasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pancasila Siswa SD

Authors

  • wilta fajrina Universitas Terbuka Kota Bogor
  • Andy Sapta Universitas Terbuka, Indonesia
  • Dang Irvan Rahmat Safari SDN Pamulang Indah Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v6i1.87204

Abstract

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran Canva dapat berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pancasila di SDN Pamulang Indah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV D yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media Canva terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan nilai siswa pada setiap tahap pelaksanaan. Pada tahap pra-siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 53,00 dengan tingkat ketuntasan belajar 31%. Setelah diterapkan tindakan pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 72,00 dengan persentase ketuntasan 59%. Peningkatan terus terjadi pada Siklus II, di mana nilai rata-rata siswa naik menjadi 81,84 dengan ketuntasan mencapai 88%. Hasil ini membuktikan bahwa media Canva mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada perolehan hasil belajar yang lebih optimal.

Kata kunci: Media Canva, Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar.

This study aims to describe how the use of Canva as an instructional medium can improve students’ learning outcomes in Pancasila subjects at SDN Pamulang Indah. This research employed a Classroom Action Research (CAR) method conducted in two cycles, each consisting of the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were all 32 students of class IV D. The findings indicate that integrating Canva into the learning process has a positive impact on enhancing students’ academic performance. This is evident from the improvement in students’ scores at each stage. Before the action was implemented (pre-cycle), the average score was only 53.00 with a mastery level of 31%. In Cycle I, the average score increased to 72.00 with 59% of students achieving mastery. Further improvement occurred in Cycle II, where the average score rose to 81.84 and the mastery level reached 88%. These results show that the use of Canva not only makes students more interested and motivated to learn but also encourages their active participation during lessons, which ultimately contributes to better learning outcomes.

Keywords: Canva Media, Pancasila, Classroom Action Research, Learning Outcomes

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

fajrina, wilta, Andy Sapta, & Dang Irvan Rahmat Safari. (2025). Penerapan Media Canva Sebagai inovasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pancasila Siswa SD. Epistema, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.21831/ep.v6i1.87204