Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Notion terhadap Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Fauziyah Isnaeniyah Universitas Siliwangi
  • Romy Faisal Mustofa Universitas Siliwangi, Indonesia.
  • Mufti Ali Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v6i2.83718

Keywords:

notion, discovery learning, ekosistem, literasi informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan berbantuan Notion terhadap kemampuan literasi informasi peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang berjumlah 11 kelas, dengan sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling , sehingga diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, kelas X-4 sebagai kelas kontrol positif dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan majemuk kemampuan literasi informasi sebanyak 33 butir soal yang teruji valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one way ANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,048 < 0,05 untuk kemampuan literasi informasi, artinya terdapat perbedaan signifikan dalam perlakuan setiap kelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan berbantuan Notion memberikan pengaruh yang baik dalam memberdayakan kemampuan literasi informasi peserta didik pada materi ekosistem.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Isnaeniyah, F., Romy Faisal Mustofa, & Mufti Ali. (2025). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Notion terhadap Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. Epistema, 6(2), 53–65. https://doi.org/10.21831/ep.v6i2.83718