Mind Mapping Instan vs. Manual: Studi Komparatif Coggle dan Mapify dalam Hyper-Learning

Authors

  • Agustina Nurjanah Universitas Ahmad Dahlan http://orcid.org/0000-0003-1946-5708
  • Nadira JIdda Universitas Ahmad Dahlan
  • Firnando Firnando Universitas Ahmad Dahlan
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v6i1.82694

Keywords:

alat presentasi, teknologi pendidikan, inovasi pembelajaran

Abstract

Konsep berpikir di era digital adalah dengan menggunakan klasifikasi-klasifikasi tertentu atau biasa disebut dengan mind mapping. Konsep berpikir ini sangat mendukung pola hyper-learning dalam pembelajran. Penggunaan mind mapping di dalam kelas sudah banyak digunakan dan diteliti oleh peneliti sebelumnya. Studi komparatif ini membandingkan dua alat mind mapping manual dan instan berbasis digital dengan pendekatan artifiacial intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua alat presentasi mind mapping berbasis digital dan articifial intelligence menggunakan coggle dan mapify dalam menunjang kemampuan hyper-learning. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur kualitatif dengan analisis data studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis naratif dengan memahami dan menginterpretasikan makna, struktur dan konten narasi dari sumber yang diambil. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping berbasis artificial intelligence dengan alat mapify dianggap lebih efektif dalam mendukung kemampuan hyper-learning khususnya kemampuan kognitif, meskipun demikian perlu adanya edukasi terkait kesadaran manusia akan potensi masalah yang akan terjadi terhadap penggunaan artifiacial intelligence.

References

Al-inbari, Fatima A. Y., Baleigh Q. Al-wasy, and Hassan S. Mahdi. 2023. "Artikel Penelitian Pemetaan Pikiran Elektronik Dan Manual Sebagai Alat Bantu Dalam Proses Penulisan EFL." 7:208–22.

Darmawan, Hafizd, Mangaratua M. Simanjorang, and Hamidah Nasution. 2022. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis ICT Memanfaatkan Power Point, Filmora, Whtasapp Grup, Google Classroom, Dan Google Formulir Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran." Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):848–58. doi: 10.31004/cendekia.v6i1.1291.

Ekawati, Nita Mei, and Diana Kusumaningrum. 2020. "Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019." JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 5(2):31. doi: 10.26737/jpdi.v5i2.2091.

Faujiah, N., Septiani. A.N, T. Putri, and U. Setiawan. 2022. "Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran." Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik 3(2):81–87.

Gimeno, Ana, Rafael Seiz, Jose Mac Ario De Siqueira, and Antonio Martí­nez. 2015. "Content and Language Integrated Learning in Higher Technical Education Using the InGenio Online Multimedia Authoring Tool." Procedia - Social and Behavioral Sciences 2(2):3170–74.

Glickman, Moshe, and Tali Sharot. 2024. "AI-Induced Hyper-Learning in Humans." Current Opinion in Psychology 60. doi: 10.1016/j.copsyc.2024.101900.

Khan, Tariq M. 2015. "The Effects of Multimedia Learning on Children with Different Special Education Needs." Procedia - Social and Behavioral Sciences 2(2):4341–45. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.690.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma'shum. 2021. "Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan." Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Nursafitri, Laila, and Arif Mahya Fanny. 2021. "Optimalisasi Online Learning Melalui Penugasan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi Pada Mahasiswa STAI Darussalam Lampung." Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 8(2):273–80. doi: 10.31316/esjurnal.v8i2.1274.

Oje, Adurangba V., Nathaniel J. Hunsu, and Dominik May. 2023. "Virtual Reality Assisted Engineering Education: A Multimedia Learning Perspective." Computers & Education: X Reality 3(July 2022):100033. doi: 10.1016/j.cexr.2023.100033.

Oktaviyanti, Itsna. 2019. "Keterampilan Presentasi Dengan Kemampuan Menjawab Tes Lisan Pada Mahasiswa PGSD UNRAM." Inventa 3(2):216–23. doi: 10.36456/inventa.3.2.a1962.

Rachmat, Listiani, and Hendri Winata. 2019. "Kompetensi Profesional Guru Dan Media Pembelajaran Powerpoint Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):38. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14953.

Rahmawati, B. Fitri, Badarudin Badarudin, and Muhammad Shulhan Hadi. 2020. "Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring." Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan 4(2):60–67. doi: 10.29408/fhs.v4i2.3135.

Reza, Noor Ellyawati, Rima Masyanah. 2021. "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DENGAN POWERPOINT DI SMA ISLAM TERPADU GRANADA SAMARINDA." 35(3):1–11.

Riyanti, Menul Teguh, Susy Irma Adisurya, and Alfo Jordan Sijabat. 2021. "Peningkatan Kemampuan Berpresentasi Di Ruang Virtual Bagi Siswa Siswi Kelas XII SMA Sumbangsih Jakarta Selatan." Warta LPM 24(4):614–25.

Santosa, Made Hery. 2022. "Integrasi Teknologi Di Konteks Pembelajaran Hibrida Dan Fleksibel." Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru Di Indonesia (June):1–28.

Sulistyo, Endang. 2024. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Islami Terhadap Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Di Madrasah Ibtidaiyah." 6(2):724–36.

Suprayogi, Suprayogi, Samanik Samanik, and Erani Putri Chaniago. 2021. "Penerapan Teknik Mind Mapping, Impersonating Dan Questionning Dalam Pembelajaran Pidato Di SMAN 1 Semaka." JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 2(01):33–40. doi: 10.46772/jamu.v1i02.475.

Suteja, Jaja, Mohammad Sofyan, Munawar Asikin, and Nurul Siti Jahidah. 2024. "Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat Optimalisasi MindMap Dalam Efektivitas Belajar Mengajar." 2:48–52.

Syahroni, Mashud, Firstya Evi Dianastiti, and Fifit Firmadani. 2020. "Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh [Training on Information Technology-Based Learning Media to Improve Teachers' Skills in Distance Learning]." International Journal of Community Service Learning 4(3):170–78.

Syaifudin, Mokhamad. 2021. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Kelas. Vol. 1.

Tarno, Tarno. 2020. "Penerapan Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 2 Pasarwajo." Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton 6(2):67–74. doi: 10.35326/pencerah.v6i2.686.

Wang, Chen. 2023. "Application of AI Intelligent Learning System in Multimedia Demonstration." Procedia Computer Science 228:71–78.

Widianto, Edi. 2021. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi." Journal of Education and Teaching 2(2):213. doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.

Zhao, Liang, Eslam Hussam, Jin Taek Seong, Assem Elshenawy, Mustafa Kamal, and Etaf Alshawarbeh. 2024. "Revolutionizing Art Education: Integrating AI and Multimedia for Enhanced Appreciation Teaching." Alexandria Engineering Journal 93:33–43.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Nurjanah, A., JIdda, N., Firnando, F., & Salsabila, U. H. (2025). Mind Mapping Instan vs. Manual: Studi Komparatif Coggle dan Mapify dalam Hyper-Learning. Epistema, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.21831/ep.v6i1.82694