Pengembangan Poster Variasi Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPN 2 Ngemplak Sleman
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.82160Keywords:
poster variasi augmented reality, hasil belajar sains, tata suryaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah sistematis pengembangan prototype poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (2) mengetahui kelayakan poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (3) mengetahui kepraktisan poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya; (4) mengetahui efektivitas poster variasi Augmented Reality materi sistem tata surya dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII SMPN 2 Ngemplak Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prototype poster AR efektif dalam memvisualisasikan konsep tata surya secara interaktif dan menarik; (2) Poster AR dinilai sangat layak dengan perolehan 100% dari ahli materi, 92% dari ahli media, dan 95% dari guru; (3) Poster AR praktis digunakan dengan instruksi yang jelas; (4) Terjadi peningkatan hasil belajar signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test 59,03 dan post-test 91,13. Hal ini membuktikan hasil belajar.
References
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Bandung). Alfabeta.
Hakim, M. L. (2020). The Development of Interactive Learning Multimedia for Zakat Lesson. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 79-98. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.7251
Nasution, H. (2010). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Ramadhani, S., Asri, E., & Gusman, T. (2021). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pengenalan Komponen Dasar Elektronika Berbasis Android. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(4), 134–140. https://doi.org/10.30630/jitsi.2.4.53
Restika, A. P., Nirwana, H., & Asriyadi. (2021). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran untuk Pengenalan Komponen Total Station. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), 208–214. https://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/sntei/article/view/2866
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.