FUN CARDS SEBAGAI MEDIA SEX EDUCATION UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47320Keywords:
Fun cards, Pendidikan seks, Anak usia 3-6 tahunAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi banyaknya kasus pelecehan seksual pada anak-anak usia dini. Peneliti mencoba memberikan suatu inovasi cara menarik dan efektif dalam pemberian pendidikan seks kepada anak di usia yang masih dini agar dapat tersampaikan dengan baik dan maksimal. Di dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengedukasi anak-anak pada usia 3-6 tahun, dengan harapan untuk mewujudkan anak-anak yang mengerti dan paham mengenai hal-hal yang berhubungan dengan seks melalui cara yang sederhana mungkin yang akan menarik perhatian si anak untuk belajar. Metode pada penelitian ini adalah Research and Devolopment (RnD) dengan melalui beberapa tahapan mulai dari mengidentifikasi potensi-masalah, mengumpulkan informasi, melakukan desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Adapun hasil yang didapatkan adalah anak-anak usia 3-6 tahun yang telah diajarkan pendidikan seks melalui fun cards dapat menjadi lebih paham mengenai bagian-bagian anggota tubuhnya, anak dapat membedakan mana anggota tubuh yang biasa terlihat dan tidak biasa terlihat, anak mampu menyebutkan bagian tubuh mana yang termasuk privasi dan harus dijaga, anak lebih siap menjaga dirinya dari segala sesuatu yang membahayakan dirinya, dan orang tua setuju bahwa media fun cards dalam bentuk video animasi dapat relevan sebagai bekal untuk perkembangan anak dalam menjalani hidupnya.References
Arif Gosita. 1992. Masalah perlindungan Anak. Jakarta: Sinar Grafika.
Bungin, Burhan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
R.A. Koesnan. 2005. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. Bandung: Sumur.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidiaka. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya, Cetakan kedua.
The Complete Book of sex education (Dr.
Rajan Bhonsle, MD, Dr. Minnu Bhonsle PhD).
Undang-undang HAM Nomor 39 tahun
, (Jakarta: Asa Mandiri, 2006 hal. 5).
W.J.S. Poerwadarminta. 1984. Kamus
Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Amirko.
NN. 2020. https://data.tasikmalayakota.go.id/dinas-
kependudukan-dan-pencatatan-
sipil/jumlah-penduduk kecamatan-
cibeureum-berdasarkan-kelompok-
umur-dan-jenis-kelamin-tahun-
/ (diakses pada 18 September
, Pukul 12.19 WIB)
NN. 2020. https://news.detik.com/berita/d-
/lpsk-kasus-kekerasan-seksual-pada-anak-meningkat-tiap tahun (diakses pada 10 Maret 2020, Pukul 20.39 WIB)
NN. 2020. https://ruangguruku.com/pengertian-
media-pembelajaran/ (diakses
pada 15 Februari 2020, Pukul 18.30
WIB).
NN. 2020. http://sclm17.blogspot.com/2018/01/sejar
ah-kota-tasikmalaya-1820-
html?m=1 (Diakses pada 10 Agustus 2020, Pukul 15.45 WIB).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).