PONDOK PESANTREN SEBAGAI TEMPAT SOSIALISASI BERBASIS KEAGAMAAN (STUDI KASUS DI UNIT SMP IT PUTRA PPTQ IBNU ABBAS KLATEN)
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v11i1.59121Keywords:
Pendidikan, Sosialisasi, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola sosialisasi diterapkan, bagaimana santri menyikapi pola sosialisasi yang ada di lingkungan pondok, dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan penerapan pola sosialisasi dalam proses pembinaan santri, khususnya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ibnu Abbas Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pendidikan yang diketahui secara khalayak umum mencakup tiga kategori yaitu: pendidikan informal, pendidikan formal, dan juga pendidikan nonformal. Pondok Pesantren sebagai salah satu tempat pendidikan, dimana anak harus tinggal di lingkungan pondok. Selama masa pendidikannya, pondok memberikan semua kategori pendidikan. Mulai dari pendidikan informal, pendidikan formal dan juga pendidikan non formal. Dimana ketiga kategori pendidikan tersebut menjadi pola bagi sosialisasi anak dalam rangka mengenyam pendidikan untuk menyongsong masa depannya.References
Ali Mukti, dkk. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta Selatan: Rumah Kitab.
Dafi Mulyono, Yohanes Bahari, Amrazi Zakso; 2013; ("˜FUNGSI SOSIALISASI REPRESIF TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK'); https://jurnal.untan.ac.id/
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur'an Tajwid Dan Terjemah. Bandung: Jabal Raudhatul Jannah.
Hermanto Bambang. 2014. "Makna Sosialisasi Nilai Orang Tua Terhadap Anak". Jurnal Universitas Airlangga Surabaya.
Idi Abdullah, H. 2016. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Lickona Thomas. 2016. Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moleong, J.Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mursyid, "Implementasi Pola Sosialisasi Represipatif di Pesantren IMMIM Putra Makassar dalam Pembentukkan Karakter Santri yang Unggul", Jurnal Universitas Negeri Makassar, 2018.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sani Ridwan Abdullah & Kadri Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Soekanto, Soerjono. 1999. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (https://jateng.kemenag.go.id).
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).